twitter


 12 September 2011

Hari ini kelihatan calon panas yang sangat panas.
Kriinnnggg SMS masuk
“Mbakyumu nyidam kripik welut, mangga yang baru dipetik, gemblong kocar-kacir dan kamu yang harus nganter..” SMS dari Masku di Bekasi.
“Busyet gak salah kang, edian… milara awakku jenenge kuwi”
“Yo terserah, yen ponakanmu ngoweh-ngoweh kamu yang nanggung ompolnya wkwkw..”

Wah bener-bener nih. Apa boleh buat.. kebetulan hari ini ada acara ke kantor BCA karena mau konfirmasi keys BCA yang kemarin keblokir. Yaw wis lah… mudah-mudahan semua yang kakakku ingin kudapat dengan mudah.

Pukul. 09.00
Pasar Wonogiri

Aku jalan mencari kripik welut, aduhh di mana ya.. sama belut aja gila.. eh maksudku Gilo.. ada-ada aja iparku yang dari Tegal itu hmmmpp… Walaaahhh ternyata belum sarapan. Aku mau ke soto di tengah pasar itu ah… (langganan). Di sana yang jual ibu-ibu, biasanya yang pelangganya juga ibu-ibu dan mbah-mbah yang lucu-lucu banget mereka. Uhuy, langsung dah pesen..

“Monggo pinarak… “ Si ibu Soto
“Injih..” aduh bahasaku wagu tenan
“Dahar punapa mas ?” genit amat
“Soto sapi bu, ..”
“Unjukane ?” haiyahhh
“The anget bu..”

Langsung si Ibu Soto menghidangkan semangkok soto hangat kesukaanku. Wow, nikmat man..!! Santap…. Di tengah-tengah sarapan ada di sampingku ada mbah-mbah bersama cucunya. Kelihatannya sang cucu dari kota karena dia bahasa Indonesia. Tapi yang jadi gerrrrr…. Adalah mbahnya yang sangat piawai mengolah Jawa-Indonya. Hahahaha

“Dihabisin makannya nduk” kata simbah
“em..”cucunya mengangguk
“Tanduk tidak,,?” kikikikikikik aku udah mulai kesegrak nih

Aku yakin cucunya kebingungan, mana ada tanduk (sungu) di sini, hahahaha.. ada-ada aja nih mbah.

“Kamu tidak usah kembali ke Jakarta ya..” Ulah simbah lagi
“Gak mau…”
“Di sini saja sama simbah” wow lancar-lancar prok prok prok
“Gak mau…”
“Lhaaa.. masa’ cuma jruk bali saja” wahahahakakahakahakahakahak

Aduhhh aku gak nahan kalau yang ini, mati dah aku. Ada ruangan khusus ketawa gak ini ?? udah di tenggorokan syaraf tawaku.. Ya Allah kuatkan aku untuk menahan kelucuan ini.
Udah aku pergi aja, belum sempet habis itu soto. Kaburrrrrr..

***
Akhirnya dapat kripik belut.

“Pinten bu..” tanyaku
“Sewelas ewu mas”
“Nyuwun 10 gih..”

Dapat satu sasaran, mangganya beli aja bilang baru yang metik emang enak dikibulin. Bukannya gak mau metik, lha apanya yang mau dipetik “awoh” saja tidak wakakaka keinget mbah tadi malahan.

Gemblong Kocar-Kacir ? Ya Allah tolong apa lagi ini.. telepon ae lah

“Hoy, apaan nih gemblong kiwir-kiwir ??”
“Kiwir-kiwir bathukmu sak lapangan kuwi” wakaka masku pinter ngelucu juga
“hahaha lha opo to.. aku ra ngerti lho”
“Gemblong mosok ra ngerti katrok banget lu..”
“wah bener-bener muke lu jauh kang, gayamu sok Ibu Kota.. wis ra ngerti tenan aku”
“Sing seko ketan diwur-wuri gulo opo kambil itu lho ah..” manja amat si Kakang
“Namanya ora ngerti mau dicuwowo lambenya sampai meteran tetep gak ngerti”
“Wo, dasar cah gemblung.. yaw wis ko takok simbok ae”
“yu dada bye…” end !!

Mangga udah, kripik belut udah, gemblong (ke laut aje), waduh aku yang nganter ke Bekasi. Ya Allah pekerjaanku masih sak lemari utuh, gimana ini. Telepon maning …

“Assalamualaikum..”
“Walaikumsallam.. aya naon”
“Waelah gayane ganti bahasa saiki”
“hehehe gimana-gimana”
“Sory kang, kalau aku yang ngater bisanya aku hari Jum’at gimana..”
“wha lha welute keburu hidup lagi dong..”
“Wah bener-bener nih, pokoknya kalau gak hari itu tak jual lagi ni kripik”
“Ya wis ngalah…”

Asyiikkkk akhirnya lega juga. Pulaaaanggggg…..!!!!

*****

Sampai di rumah, pekerjaan sudah menanti. Siapkan materi dan langsung menarilah jemariku di atas keyboard. Sambil dengar lagu Obiet (adik2 Idolaku hehehe.. dah GD sekarang jarang kontak), buka FB dan mengupload BBHB warga WR, hingga tak terasa waktu terus beranjak.

Gubrakkkk !!! Mati lampu menjelang sore, yuhu……. Saatnya istirahat.

Sehabis maghrib, aku menjelajah halaman yang sangat terang karena purnama. Beberapa meter dari pijakku, beberapa sahabatku sedang bersendau dan berdendang memakai gitar.

Suasana ini kembali mengigatkanku pada sebuah janji sang rembulan ketika ia mampu menerima apa yang dipijarkan sang cakrawala, entah terhalang awan atau tertutup gerhana. Ia akan rela turut mengarungi hari sampai menjelang usai tulisan ini. Namun tak begitu dengan janji lidah seludah merah sudah berubah. Kini ia telah berhasil mengusik hati di lain labuh, berhasil bermain hati yang mudah luluh. Namun sangat salah jika ia membaca makna di dalam sini, ketika ia tersenyum remeh dan memuaskan dunia. Dia berfikir aku kan menyerupai rembulan yang layu terpaku.. hahahaha.. aku bukan itu sayang, kau lihatlah langit dari dekat hatimu, ia begitu gagah menyapu gemuruh, begitu teduh ia menenangkan keterpurukan. Jika kau sangat bangga dengan tinggimu, apa yang mampu kau lihat di atas langit ?? Maaf, itu tak akan membuatku heran, jadi titik ini bukanlah sebuah akhir yang kau baca. Namun takdir telah memusnahkanmu dari inginku, hingga kini aku menjadi terselimut langit yang tetap kokoh meski apapun kan menerjang…



Tarra…. Jam 21.30 listrik menyala. Namun aku terlanjur di tempat nongkrong, di café sebelah yang menyuguhkan kopi jahe yang menyehatkan. Pukul 23.00 nan aku kembali pulang untuk menyelesaikan deadline. Aku kembali bekerja di ruanganku, sampai pukul 03.00 (13 Sep) aku baru merebahkan tubuhku.

By Om Dompet

1 Coment:

  1. Om, banyak sangat Bahasa Jawanya, saya baca tapi kagak ngerti artinya. hehe....

Posting Komentar