twitter


   Fisika-Biologi (7D-8E)
                                                       ~Tri Lego Indah F N~

Pelajaran : IPA Fisika kelas :7D pukul : 08-08:45 wib

            Sebagaimana dijadwalkan, selepas senam pagi hari Jum’at, aku kebagian mengajar IPA Fisika di kelas VII D. Kali ini pembahasan sebenarnya sudah rampung. Namun, aku sengaja mengulas kembali materi selama 15 menit, dan kemudian memberikan latihan soal kepada anak didikku.

            Hari ini, aku sangat bahagia, anak-anak begitu respon dengan materi yang ku bahas hari ini. Pun mereka berebut menyelesaikan soal yang ku berikan. Sambil menunggu penyelesaian yang ditulis anak didikku di white board, sengaja aku berkeliling di dalam kelas. Beberapa muridku sudah menyelesaikan separo latihan yang ku berikan. Namun, masih ada juga 7-10 orang yang sama sekali belum mengerjakan. Satu nomor pun belum mereka kerjakan. Ya, aku berusaha membimbing mereka, mengarahkan mereka untuk memahami permasalahan di soal yang ku berikan, dan membantu mereka untuk melogikakan soal agar mudah untuk mereka pahami. Perlahan mereka mulai manggut-manggut tanda sedikit paham dengan apa yang ku terangkan saat menghampiri bangku mereka :)

            Waktu satu jam pelajaran sangatlah cepat. Anak-anak yang mulai menikmati soal demi soal begitu asyik dengan buku latihan mereka. Sampai-sampai bel tanda ganti pelajaran pun tak mereka gubrik. Bahkan ketika aku hendak berpamitan (karena sudah ganti jam), mereka tak membolehkanku meninggalkan kelas mereka.  *Nah lo ^_^ * .

            Kata anak-anak, “sampai pulang aja si buuu, pelajaran fisikanyaaa, ya buuuu, hari ini seneng banget belajar fisika dengan Ibu Tri Lego”.

            Aku hanya bisa tersenyum, memang aku jarang masuk di 7D, karena dua pertemuan terakhir mereka diajar langsung oleh guru pamongku yaitu guru fisika mereka. Aku lebih sering masuk ke 7E, malah mungkin dari awal aku terus yang masuk di 7E J .

            Jam pertama, aku sangat menikmati mengajar fisika di 7D, semoga ujian fisika besok, hasilnya akan bagus, seperti hasil latihan hari ini. Semangat anak-anakku ^__^

                                                              **

Pelajaran : IPA Biologi kelas :8E pukul : 09:45-11:15 wib

            Setelah usai mengajar fisika di jam pertama tadi, aku menikmati waktu jedaku untuk mempersiapkan materi biologi di kelas 8E. Masih ada waktu 10 menit, aku sempatkan mengetik curhat tentang D-Oneku di netbuk kesayanganku. Ya, hari ini, aku tak lagi bertiga, (aku, netbuk dan D-One). Kini aku hanya tinggal berdua, bersama netbukku.

            Bel tanda masuk setelah istirahat telah berderit. Gegas aku menuju ke ruang laboratorium. Ya, anak-anak kelas 8E, satu minggu ini telah dipindahkan ke lab biologi, karena kondisi kelas mereka rusak parah. Al hasil untuk sementara waktu, ruang kelas mereka berpindah tempat di laboratorium biologi.

            Hari ini, sebagaimana jadwal, aku akan mengajar biologi selama dua jam pelajaran. Jam terakhir bagiku benar-benar jam yang sangat rawan untuk anak muridku bisa konsentrasi. Jadilah, 10 menit pertama aku gunakan untuk brainstorming, kemudian review materi pada pertemuan hari kamis lalu. Alhamdulillah, anak-anak murid masih banyak yang ingat. Setelah sampai ke pembahasan baru, aku sengaja hanya memberikan point-pointnya saja. Kali ini, aku mencoba student centered ke murid-muridku.

            Secara random aku melempar keyword, kemudian terus mengeksplore pemahaman siswa dari jawaban yang mereka lontarkan dari pertanyaan yang ku ajukan. Dan kali inipun, sengaja aku hanya menulis judul bahasan materi kali ini mengenai “Otot”. Ku biarkan papan tulis masih bersih. Karena, aku sengaja memberikan ruang untuk orat-oret di papan tulis kepada murid-muridku yang akan menjelaskan materi itu di depan kelas.

            Beberapa siswa, aku minta untuk menggambar dan maju untuk menerangkan ke depan kelas. Tentu saja, ekspresi dan komentar khas anak SMP macam-macam saat aku minta mereka maju ke depan. Mulai dari tidak pede, tidak bisa dan beberapa alasan yang sama sekali tidak aku tolerir. Karena, aku yakin mereka pasti bisa ^^

            Anak-anak muridku mulai konsen mendengar penjelasan dari rekannya (sesama murid) yang aku minta menjelaskan di depan. Saat sesi pertanyaan pun, banyak yang memberikan pertanyaan, yang menurutku cukup berbobot. Ya, aku salud dengan kelas 8E, meskipun kelas ini tergolong kelas yang disepelekan oleh guru lain (mengingat yang diunggulkan hanya kelas 8A dan 8B), namun menurutku kelas ini juga punya banyak bibit unggul yang pantas diapresiasi.

            Walaupun sebelumnya aku tidak pernah mengatakan ke kelas 8E untuk metode belajar seperti ini, namun ternyata, walaupun tanpa persiapan, mereka telah berhasil membuatku cukup kagum dengan kelas mereka. Good performance dan good attitude. Aku sangat suka penampilan dan sikap mereka hari ini. Semoga besok dan seterusnya.

            Lima belas menit, sebelum jam pulang sekolah (karena aku mengajar dua jam terakhir), aku meminta kepada seluruh muridku untuk mengeluarkan kertas selembar. Ekspresi mereka mulai ketakutan. Takut aku memberikan ulangan dadakan, ataupun post test seperti biasanya. Padahal bukan itu maksudku ^_^

            Aku meminta kepada mereka, untuk menuliskan perasaan ataupun uneg-uneg mereka selama dua jam pelajaran biologi bersamaku hari ini. Dan inilah beberapa tulisan polos mereka yang membuatku tersenyum, terharu dan tertawa :)

            #1
            Dua Jam Pelajaran Biologi

Pada hari jum’at saya belajar biologi selama dua jam. Dan selama dua jam saya pun membuat onar. Lalu, ibu guru menyuruh saya untuk maju ke depan. Saya pun deg-degan. Tapi saya gembira, karena saya menjadi punya keberanian dan mendapat ilmu dari bu guru. Tapi waktu bu guru di sini tinggal 2 minggu lagi. Setelah dua minggu saya tidak akan mendapat pelajaran yang saya suka ^^ 

#2

Saya sangat senang belajar biologi. Karena pelajaran biologi itu pelajaran kesukaan saya. Saya lebih suka ibu tri lego daripada pak Alamsyah. Ibu Tri Lego orangnya asyik, dan enak diajak bercanda. Sedangkan pak Alamsyah, galak banget.

#3
Hari yang menyenangkan. Pada pelajaran biologi saya mendapat point, karena saya nggak memperhatikan pelajaran. Saya minta maaf ama ibu guru, karena sudah buat ibu guru kesal. Maafin saya ya buk.

#4
Dua jam pelajaran biologi, saya tidak mendapat ketenangan, karena teman sebangku saya bermainan kertas. Saya menjadi tidak konsentrasi. Teman-teman itu apa nggak merasa rugi ya dua jam dibuang sia-sia buat mainan, saya aja merasa sangat rugi karena tidak bisa konsentrasi gara-gara ulah mereka. Saya kasian sama bu Tri Lego dia sudah jauh-jauh ke sini untuk melaksanakan tugasnya.

#5
Waktu pelajaran biologi aku merasa senang karena gurunya baik, sabar, dll. Waktu aku disuruh maju ke depan, aku merasakan grogi dan tidak bisa mengatakan satu katapun untuk menjelaskan tentang otot lurik. Lalu aku disuruh duduk oleh bu guru dan aku digantikan oleh Boby.

#6
Selama dua jam pelajaran biologi ini saya merasa senang. Karena bisa bertemu lagi dengan bu Tri Lego. Dan baru pertama kali ini saya disuruh oleh bu Tri Lego untuk menggambar otot jantung di papan tulis.

Saya suka kalau pelajaran biologi gurunya bu Tri Lego. Karena saya jadi mudah mengerti.

#7

Pada waktu memulai pelajaran biologi, aku terasa nyaman. Karena biologi membahas tentang alam sekitar. Tapi, setelah beberapa menit, waktu temanku menjelaskan tentang otot polos, otot lurik dan otot jantung, aku  tidak nyaman lagi. Takut suruh menjelaskan di depan.

#9
Selama dua jam ini, saya belajar biologi. Dan baru kali ini saya disuruh bu Tri Lego untuk menjelaskan tentang ciri-ciri otot lurik. Saya diminta maju ke depan kelas.
Saya merasa tidak percaya diri, karena takut saat menjelaskan ada kesalahan. Apalagi saat teman-teman ada yang bertanya...

Duuuh... bingung banget tauuuuu, mau jawab apa. Untung bu Tri Lego membantu saya untuk menjawab.

#10

Saya sangat senang selama dua jam belajar biologi. Selama dua jam kami belajar tentang otot. Sekarang saya sudah paham tentang otot. Kali ini teman-teman saya yang menjelaskan di depan.

Saya sangat suka diajarin sama bu Tri Lego. Karena bu Tri Lego orangnya sangat asyik. Dan jika menjelaskan pelan-pelan dan jelas. Dan ibu Ti Lego orangnya sangat sabar walaupun anak muridnya sangat ramai. Ibu Tri Lego tidak pernah marah.

#11

Selama dua jam ini saya belajar biologi dengan bu Tri. Saya senang sekali jika belajar bersama bu Tri. Karena bu Tri itu baik, sabar dan tidak pemarah. Dan jika saya belum paham, saya selalu bertanya dengan beliau. Beliau selalu ceria jika mengajar di kelas saya.
Bu, saya mau bilang, jika ibu nanti sudah tidak mengajar di VIII E, saya mohon ibu jangan lupa kepada kami....

#12

Saya senang sekali dengan pelajaran biologi, walaupun saya tidak bisa. Ketika maju di depan untuk menjelaskan otot jantung, saya malu.

Jadi guru itu ternyata sangat sulit. Karena kadang muridnya mainan, ataupun pada ribut.
Hari ini adalah hari kesenyuman. Setiap melihat Ibu Lego, pasti tersenyu,. Aku senang sekali dengan pelajaran biologi dua jam ini.

Walaupun anak muridnya pada ribut, ibu lego tetap sabar dan tidak marah. Dengan sabarnya ibu Lego atas muridnya yang pada ribut. Ibu tetap tersenyum.

#13
Pada awal dua jam pelajaran biologi saya merasa senang. Setelah beberapa menit kemudian saya disuruh bu Tri untuk menjelaskan tentang otot. Saya pun maju, dan...

Sampai di depan, saya malu sama temen-temen!

Dengan perasaan malu bercampur takut dan tidak pede saya segera melaksanakan perintah bu Tri untuk menjelaskan di depan kelas.

Tapi...

Akhirnyaaa, alhamdulillah, saya merasa bangga dan senang, karena saya dipanggil bu Tri untuk menjelaskan.

Alhamdulillah, saya bisa belajar menjadi guru di depan.

Terimakasih bu Tri...

Semoga saya bisa menjadi guru seperti ibu Tri..

Aamiiin....


#14
                        Hari ini belajar biologi 2 jam. Namun, hari ini tak seperti biasanya. Hari ini bu Tri menyuruh para siswa dan siswi untuk mencoba menerangkan di depan kelas. Ibu Tri menyuruh para siswa dan siswi untuk menjelaskan tentang otot. Namun ada juga yang tidak dapat menjelaskan.

                        Setelah beberapa siswa dan siswi menerangkan. Kami diberi kesempatan untuk bertanya kepada siswa-siswi yang menjelaskan di depan. Adaaa saja materi yang ditanyakan oleh teman-temanku. Tapi inilah yang membuat belajar hari ini menjadi asyik.

                        Setelah kegiatan belajar selesai, namun masih ada sisa waktu. Ibu Tri menyuruh kami untuk mengungkapkan perasaan kami selama dua jam pelajaran bersama biologi.

                        Hari ini belajar biologi menjadi menyenangkan karena kami bisa merasakan bagaimana menjadi guru :) 

                                                                  ***

                     Tujuanku, Aku minta mereka minta membuat komentar ini, tidak lain sebagai referensi, bagaimana respon mereka selama mereka menerima pelajaran biologi dari ku di dua jam terakhir sebelum bel pulang sekolah berderit. Ya, dari tulisan mereka yang jujur dan lugu, aku jadi tahu bagaimana perasaan mereka setelah aku membersamai mereka hari ini.

                   Waktuku praktik mengajar disini tinggal 14 hari lagi. Aku yang mulai sangat menyayangi anak-anak muridku, merasa sangat tidak ingin meninggalkan mereka. Tapi, pertemuan pasti akan ada perpisahan. Yang jelas, di sisa waktu ini aku akan berusaha memberikan ilmu yang ku peroleh selama di bangku kuliah, semampuku untuk kalian, anak-anakku.
                        Komentar, kritik, saran dan harapan kalian, akan selalu tersimpan rapi di file memoryku. Semoga tanpa ku, kalian akan tetap bersemangat untuk belajar biologi. Seperti semangat kalian pada hari ini. Aku akan selalu merindukan kalian. Murid-muridku.

                                                              **
             Sejenak, seharian mengajar, aku lupa dengan D-One ku, karena ada kalian anak-anak muridku. Bagiku, respon dan apresiasi kalian dengan pelajaran yang ku ajar, membuat aku bisa melupakan kegalauanku kehilangan D-One hari ini. :)


 Luph you all my students (7D dan 8E) 

Marga kencana, 16 September 2011

Pukul 23:00 (nyambi ngetik , selesai buat soal ujian fisika besok pagi)


NB : D-One (merek hapeku ^__*)

0 Coment:

Posting Komentar