twitter


Depok, Medio :  Rabu ,  14 September 2011
Pelajaran dari Seorang Ibu …
            Siang itu ketika sedang asyik mengerjakan tugas rutin di kantor, tiba-tiba bos besar menuju tempatku dan memberikan perintah untuk mengikuti rapat mendadak di Bogor dengan seorang teman. Gubrak … aku lihat undangannya jam 14.00 WIB, tetapi kenapa jam dua kurang seperempat baru dikasih ? Bahan – bahan belum siap lagi.Suatu kebiasaan di birokrat yang harus segera ditinggalkan!
            Dengan terburu – buru aku menyiapkan bahan rapat dan bergegas segera untuk menuju stasiun Gambir , mengejar jadwal  kereta menuju Bogor. Siang itu penumpang tidak begitu padat karena bukan jam  pegawai pulang. Karena tidak dapat tempat duduk terpaksa aku berdiri di dekat pintu masuk. Di stasiun Manggarai di antara desakan penumpang, masuk seorang ibu dengan anak laki – lakinya. Anak itu kira – kira berumur 12 tahun. Bertubuh sehat, gemuk dan ceria. Sekilas tidak ada yang ganjil dengan penampilannya. Seorang Bapak yang baik hati memberikan tempat duduk kepada ibu-anak ini. Alhamdulillah … ternyata di negara ini masih banyak orang yang mudah terketuk hatinya.
           Kereta kemudian melaju meneruskan perjalanan ke Bogor. Tiba – tiba terdengar suara teriakan kencang , “ Hore … hore ! tut… tut ... jes … jes !”. Semua mata memandang ke sumber suara itu, dan ternyata berasal dari suara anak laki-laki tambun tersebut. Dia meloncat-loncat kegirangan seperti anak balita.
“ Jangan begitu nak, malu dong sama om dan tante di sebelah.” bisik ibu itu lembut menenangkan anaknya. Anak itu tak peduli, dia semakin tak terkendali. Wajahnya polos dan anehnya tatapannya kosong. Persis seperti anak penderita autis.  Aku tahu ciri – ciri anak yang memerlukan perhatian khusus tersebut karena anak saudara sepupuku menderita autis.Tak dapat kubayangkan betapa repot mengasuh, membimbing dan mendampingi  anak –anak tersebut.
           Aku terus memperhatikan keduanya, terutama si ibu. Dengan telaten beliau terus berusaha membuat buah hatinya nyaman di dalam kereta. Senyumnya terus mengembang, walaupun ada beberapa penumpang terlihat bermuka masam kepadanya. Wajah lembutnya tetap teduh, tiada rasa minder tergambar darinya.
           Kereta terus melaju dan hampir sampai stasiun Bojong Gede. Jalannya sudah mulai melambat, pertanda masinis mulai mengerem.
“ Kita mau sampai rumah nak. Sebentar lagi kita turun, besok  naik kereta lagi ya.” Anak itu cuek saja, tak peduli dengan ibunya. Mungkin juga dia tidak memahami maksud perkataan tersebut. Akhirnya keduanya turun dan tak lupa ucapan terima kasih kepada bapak yang merelakan tempat duduknya tadi.
           Melihat semuanya itu timbul perasaan kagum dan trenyuh dalam hatiku. Ibu, adalah seorang ibu. Walaupun bagaimanapun keadaan anaknya dia tetap menyayangi dan menerima apa adanya. Kasih ibu sepanjang jaman, tak tergerus oleh waktu dan keadaan. Seperti syair lagu anak –anak, Ibu adalah: “Sang Surya yang menyinari dunia … “.
           Aku berjanji kelak bila kami telah diberi momongan, aku akan menjadi ayah terbaik buat anak – anakku. Karena mereka adalah segalanya. Bunga – bunga surga yang menghiasai nafas dan jiwa sepanjang hidup. Rasanya kami sudah tak sabar memilikinya. Semoga Tuhan segera mengabulkan keinginan kami… Amin .
******
Berita per-14 September 2011 , Sumber : Harian Seputar Indonesia, Indo Pos
-  Nasional
Toyota investasi Rp. 2,9 Triliun untuk membangun pabrik baru di Indonesia dan menjadikannya sebagai basis produk di Asia.             Komentar : .Semoga berjalan mulus, tidak bernasib seperti mobil Timor.
PT KCJ ( PT KAI Commuter Jabodetabek) menambah keretanya sebanyak 60 buah.             Komentar : Semoga penumpang tidak ada lagi penumpukan dan lebih nyaman.
-   Pendidikan
Sejumlah kalangan menilai rencana pemerintah mendirikan sekolah calon ilmuwan perlu pengkajian mendalam.             Komentar : kapan mulainya bos, jika terus dikaji dan dinilai. Kita perlu buktinya !
-    Ekonomi
Indonesia diperkirakan akan  mengimpor 60 juta unit telepon seluler pada tahun 2011.               Komentar : Jangan mengimpor terus dong, gantian kita mengekspor …
-  Seni dan hiburan
Miss Angola “Leila Lopes” terpilih sebagai Miss Universe  2011 yang diadakan di Rio de Jainaro, Brasil dengan menyisihkan 88 orang pesaing.                                                   Komentar : Kapan ya kita bisa menang ? minimal sepuluh besarlah,  Ayo putri    Indonesia,semangat ! End of Report… to be continued …

Quote of The Day :
“ Saya pikir Anda dapat memiliki semuanya. Anda hanya perlu kerja keras, karena hal – hal besar tidak akan datang dengan mudah.”
Katy Perry (  Katherin Elyzabeth Hudson, musisi Amerika Serikat).

0 Coment:

Posting Komentar