twitter


BBHB- Rahma Esti
Refleksi akhir bulan : Komitmen, Serius, Berdo’a
Senin, 31 Oktober 2011
                Mengakhiri bulan semoga sekaligus menjadi awal untukku menapaki lembaran baru menjadi orang-orang beruntung yang hari ini lebih baik daripada hari kemarin. Aamiin.
                Kemarin, bulan lalu, tahun lalu aku punya sederet target yang ingin kuraih dalam waktu terdekat, waktu mendatang, dan mendatangnya lagi. Semua yang kuimpikan aku tuliskan. Misalnya saja sampai bulan Desember nanti aku menargetkan skripsiku selesai.
                Untuk hal yang satu ini aku sudah mulai merancangnya sejak awal tahun 2011 lalu. Pokoknya bulan ini harus maju judul, di-acc, penelitian, ini itu dan seterusnya. Hingga menginjak bulan berikutnya. Nggak ada progress. Bahkan sedikit demi sedikit mulai tergeser oleh aktivitas lain yang membuatku merasa lebih free, lebih bebas untuk kesana kemari.
                Hasilnya? Teman-teman seangkatanku sudah lebih dulu mengenakan toga di hari wisudanya beberapa bulan yang lalu. Dan aku…kira-kira kapan ya selesai penelitian ini??????
Terlepas dari faktor-faktor lain yang mempengaruhi, aku ingin sejenak menengok diri sendiri. Evaluasi, harus! Apa yang telah kuperbuat selama ini, ada apa dengan targetku yang tak kunjung tercapai?
Aku rasa ada masalah dengan diriku sendiri. (NOTE : terlepas dari faktor-faktor lain yang mempengaruhi). Ini masalah komitmen dan keseriusan. Ini hasil perenunganku. Kalau selama ini aku mengaku sibuk, kurasa teman-temanku juga punya aktivitas lain selain menulis. Kalau aku beralasan ini itu kurasa karena aku tidak benar-benar mengatasi permasalahanku dan tidak menjaga keseriusanku dalam mewujudkan impianku.
                Tapi semuanya tidak terlepas dari Dia. Seberapa besar kita berharap, memohon kepada-Nya, sabar menjalankan perintah-Nya. So, terakhir aku dapat pencerahan. Mulai saat ini harus serius. Sepertinya tidak ada kata terlambat. Usaha yang keras diiringi doa yang mantap. Allah pasti bersama kita.***

0 Coment:

Posting Komentar